Pages

Subscribe:

Kamis, Desember 30, 2010

Kasus : Bank Seruni Indonesia

Bank Seruni Indonesia adalah sebuah bank besar di yogyakarta. Bank ini mempunyai empat cabang yang tersebar di empat kabupaten di DIY. Selama beberapa bulan manjemen telah dan sedang memperitmbangkan suatu perubahan proseur – peosedur evaluasi lattihan. Suatu perubahan yang akan mempengaruhi baik departemen personalia maupun para manajer cabanng. Rencana tersebut telah didiskusiakan degan semua orang yang akan dikenai, dan sebgaian dri mereka menentang perubahan itu. Penyelia latihan, Atika Nurhadi, adalah salah seorang penentang yang paling keras.

Setelah diskusi dengan para pengelola bank lainnya, wakil direktur bidang personalia, Ramona Dangdut, memutuskan untuk mengimplementasikan perubahan. Dia membentuk dan menyeleksi para anggota satuan tugas khusus untuk mengimplementasikan perubahan dan memilih Atika sebagai kepala satuan kerja tersebut. Ketika Ramona meminta kesediaan Atika, dia menerima jabatan itu, dan kemudian berkata : ”Bapak tahu bahwa saya menentang perubahan ini. Mengapa Bapak memilih saya sebagai pemimpin?”.

Ramona menimpali : “Ya, saya mengetahui ketidaksetujuan saudara. Kami memilih saudari karena kami menganggap bahwa bila ada berbagai kekurngan dalam usulan perubahan, saudariakan menemukannya. Dan kami percaya saudari dapat membetulkannya”.

Pertanyaan Kasus :

  1. Mengapa seorang manajer seperti ramona memilih pemimpin oposisi untuk mengimplementasikan perubhan? Apakah saudara setuju dengan tindakan Ramona tersebut? Mengapa?
    Pemimpin oposisi seperti Artika jika diberi tugas seperti diatas akan dapat melakukan banyak hal karena ketidaksetujuannya itu. Karena tidak setuju, Artika akan banyak melakukan perbaikan atas perubahan yang menurutnya kurang baik. Hal itu akan membuat perubahan yang akan diimplementasikan menjadi semakin baikdan lebih dapat diterima oleh pegawai lainnya.
    Saya setuju dengan tindakan yang diambil oleh Ramona. Banyak orang yang menentang perubahan pada prosedur evaluasi latihan yang akan dilaksanakan bukan berarti perubahan itu tidak baik, oleh karena itu dalam mengimplementasikan perubahan tersebut Ramona merangkul atau mengajak secara halus dan perlahan orang – orang yang tidak setuju seperti Artika. Karena jika Ramona malah membiarkan orang – orang yang tidak setuju begitu saja, perubahan tersebut tidak akan berjalan sesuai harapan. Karena jika dibiarkan perusahaan tersebut tidak akan menjadi perusahaan yang solid dan tidak akan berkembang.
  2. Berapa besar derajat kesuksesan Ramona dalam pelaksanaan perubahan menurut perkiraan saudara? Apa alasan saudara berpendapat demikian?
    Saya fikir sekitar 80%. karena melihat dari tindakannya yang telah menunjuk Artika sebagai kepala satuan kerja perubahan tersebut, Ramona mencoba untuk mengajak orang – orang yang tidak setuju atas perubahan tersebut untuk membantu mengimplementasikannya bukannya malah membiarkan. Dari hal tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa Ramona adalah pemimpin yang ingin perusahannya solid, dengan staff yang solid juga. Dia tidak menyerah walupun pada awalya banyak orang yang menentang.

| Free Bussines? |

0 Comment:

Posting Komentar