Pages

Subscribe:

Kamis, Mei 12, 2011

FORM DAN PROPERTIES PADA VB

FORM

Form merupakan jendela kerja pada VB yang berguna sebagai lembar kerja. Pada form kita bias menanamkan kontrol-kontrol seperti textbox, label, commandbutton, dll. Ketika kita memebuat project pada VB, kita membutuhkan form sebagai lembar kerja kita. Selain sebagai jendela / lembar kerja, form juga dapat berfungsi sebagai kotak dialog, dan jendela peringatan. Pada saat form ditutup maka event-event penutupan akan dijalankan. Keadaan ini memungkinkan untuk memberikan penjelasan penutupan form.

Sturktur Kode pada Form

Strukutr kode pada form ada 3, yaitu:

o   General declaration
Bagian ini digunakan untuk dekalarasi Option explicit, Option base, type, dan variable yang dapat digunakan orm level (subroutine) baik pad tingkat public maupun private. Bagian ini terletak pada bagian teratas pada jendela coding.

o   General procedure
Bagian ini merupakan subroutine maupun fungsi yang dibuata pemakai. Bagian ini ditamdai dengan (general), dan nama subroutine.

o   Event procedure
Bagian ini merupakan subroutine yang digunakan untuk menangani kejadian yang diakibatkan oleh aksi pemakai terhadap kontrol tertewntu. Ditandai dengan nama kontrol dan jenis eventnya.

Menempatkan dan mengatur kontrol pada form

Toolbox adalah tempat kontrol-kontrol program yang digunakan untuk mendesain aplikasi windows form. Misalnya : button, label, textbox dll.
1. Memindahkan objek
Ada 2 cara yaitu :
a. Dengan menggunakan mouse
b. Dengan menggunakan kombinasi Ctrl dan tombol lain sesuai yang kita perlukan

2. Mengubah ukuran obyek
Ukuran dapat dirubah dengan menggunakan mouse atau bila ingin lebih tepat, kita dapat mengubah ukuran pada lewat jendela properties.

3. Menduplikat dan Memotong Obyek
Dengan menggunakan fungsi copy (Ctrl+C) atau Cut (Ctrl+X) dan untuk menampilkan hasil dapat digunakan fungsi paste (Ctrl+V).

4. Menghapus Objek
Dengan menggunakan fungsi Shift atau Ctrl untuk memilih obyek yang akan dihapus. Dan fungsi DEL untuk menghapusnya.

      Properties

Property form adalah informasi yang menyangkut tentang kontrol (obyek) yang dibuat dan menyiapkan kontrol untuk kepentingan pemrograman yang akan dibuat .
Beberapa contoh dari property form adalah : Property Left, Top, Width dan Height , Property Fore Color dan Back Color , Property Font , Property Caption dan Text , Property Enabled dan Visible , Property TabStop dan TabIndex , dan Property MousePointer dan MouseIcon serta Property Tag .
Property terletak pada kanan lembar kerja di dalam jendela vb , yang paling sering digunakan dalam setiap komponen form adalah [ caption ].

a. Property Left, Top, Width dan Height
Semua objek yang visible memiliki properti yang menentukan letak dan ukurannya. Nilai properti Left dan Top sifatnya relatif terhadap kontainernya (misalnya suatu textbox yang ditanamkan di atas form, maka form tersebut disebut sebagai kontainer bagi textbox tersebut),
Sedangkan Width dan Height menentukan ukuran dari objek tersebut.

b. Property Fore Color dan Back Color
Properti ini mempengaruhi warna tulisan dan warna latar belakang, tetapi tidak semua kontrol memilikinya misalkan pada Scroll-Bar dan Command Button yang tidak memiliki properti Fore Color, dan Back Color hanya berfungsi jika properti style diganti menjadi 1 – Graphical.

c. Property Font
Font dapat ditentukan lewat dialog box, tetapi pada saat runtime, hal tersebut harus dilakukan dengan property Name, Size, Bold, Italic, Underline, Strikethrough, karena sebenarnya Font adalah objek campuran.

d. Property Caption dan Text
Caption adalah tulisan yang tampil dalam suatu control (atau tittle pada objek form) yang mana pemakai tidak dapat melakukan modifikasi langsung (Control Label, CommandButton, CheckBox, OptionButton, Data dan Frame), sebaliknya Text adalah tulisan yang dapat dimodifikasi oleh pemakai (control TextBox, listBox dan ComboBox).

e. Property Enabled dan Visible
Pada defaultnya semua control dan form adalah Enabled dan Visible. Kita dapat menyembunyikan suatu kontrol dengan menggunakan properti Visible=False.

f. Property TabStop dan TabIndex
Suatu kontrol yang dapat menerima fokus input memiliki properti TabStop. Kontrol yang memiliki properti TabStop juga memiliki properti TabIndex.
Properti TabStop menentukan apakah suatu kontrol dapat menerima fokus pada penekanan tombol Tab oleh user, defaultnya adalah True, sedangkan TabIndex menentukan urutan fokus pada saat user menekan Tab.

g. Property MousePointer dan MouseIcon
Properti ini akan menentukan bentuk kursor mouse ketika berada di atas kontrol tersebut.


Sources :

| Free Bussines? |