Pages

Subscribe:

Minggu, Januari 27, 2013

ANALISA KARAKTERISTIK MOBILE AGENT


Mobile Agent
            Mobile agent ialah agen yang mempunyai kemampuan berpindah-pindah dalam jaringan (contohnya pada jaringan World Wide Web), berinteraksi dengan host-host asing, mengumpulkan informasi berdasarkan pengguna, dan mengembalikannya ke pengirim setelah melakukan tugasnya. Mobile agent ini diimplementasikan oleh remote program. Hal-hal yang berkenaan dengan pemrograman remote juga dapat diterapkan pada mobile agent seperti :
• Penamaan Program – memberikan nama kepada agen untuk membedakannya dengan agen yang lain.
• Autentifikasi program – autentifikasi implementor dari program agen.
• Migrasi Program – memindahkan program dari satu mesin ke mesin lainnya.
• Keamanan Program – memastikan program tidak merusak mesin pengeksekusinya.
           

Keuntungan Mobile Agent
            Dibandingkan dengan teknologi agen statis, mobile agentmempunyai beberapa keuntungan yaitu :
1.        Mengurangi Beban Jaringan.
            Pada sistem yang terdistribusi komunikasi antar bagian sistem sangat tergantung pada protokol komunikasi yang melibatkan banyak interaksi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Hal ini menyebabkan, trafic jaringan tinggi. Dengan mobile agent dapat dimungkinkan untuk mengemas suatu aplikasi, mengirimkannya kehost tujuan dan kemudian interaksi dapat terjadi secara lokal.
2.       Efisiensi sumber daya.
            Konsumsi sumber daya (CPU dan memori) dapat dihemat, sebabmobile agent bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan yaitu pada satu node pada satu waktu. Node yang lain tidak menjalankan agen sampai node tersebut memerlukannya.
3.       Menanggulangi latency jaringan.
            Sistem real-time yang kritis perlu tanggap terhadap perubahan lingkungannya secara real-time. Keterlambatan tanggapan yang diakibatkan oleh masalah jaringan harus dihindari. Mobile agentmenawarkan suatu pemecahan dengan mengirimkan agen ke tujuan dan dieksekusi secara lokal.

4.       Eksekusi secara Asynchronous dan Autonomous.
            Untuk menjaga koneksi dengan sistem lainnya diperlukan sarana komunikasi yang baik. Sayangnya dalam kenyataan seringkali banyak ditemukan jaringan yang mahal dan mudah putus, sehingga untuk mempertahankan koneksivitas menjadi tidak feasible, baik secara ekonomis maupun teknis. Dengan mobile agent hal ini dapat diminimasi karena mobile agent mampu bekerja secara mandiri dan dapat beroperasi secara asynchronous dan autonomous.. Gambar 2.5 menunjukan urutan peristiwa tersebut.
5.       Adaptasi secara dinamis.
            Mobile agent dapat mendeteksi adanya perubahan di lingkungannya dan dapat bereaksi secara autonomous melakukan perubahan.
6.       Andal dan Toleran terhadap Kesalahan.
            Kemampuan mobile agent untuk beraksi secara dinamis pada situasi dan keadaan yang tak menguntungkan menjadikan mobile agentmudah untuk membuat sistem terdistribusi yang andal dan toleran terhadap kesalahan.
7.       Multiplatform.
            Dalam komputasi berbasis web sangat dimungkinkan penggunaan berbagai sistem yang berbeda baik pada sisi hardware maupun software. Mobile agent tidak tergantung pada komputer dan jaringan, tetapi hanya tergantung pada lingkungannya. Sebagai contoh, mobile agent Java dapat ditujukan ke segala sistem yang mempunyai JVM (Java Virtual Machine) dan dapat beroperasi pada berbagai sistem operasi.

Contoh dari Moile Agent salah satunya adalah Float’s Mobile Agent.  Float’s Mobile Agent merupakan aplikasi PC-Suite khusus handphone Keluaran Sony Ericsson, Aplikasi PC-Suite yang satu merupakan aplikasi PC-Suite yang compatible dengan semua tipe Sony Ericsson mobile phone baik keluaran lama maupun yang baru. Untuk menggunakannya cukup menghubungkan handphone Sony Ericsson, bisa menggunakan infra red/ Ir-Da/ Bluetooth, lalu klik Toggle Connect/Disconnect di pojok kiri atas untuk connect & disconnect aplikasi. PC-Suite ini bisa digunakan untuk membaca SMS Inbox, SMS Sent Item, SMS Outbox, SMS Archive, dan SMS Drafts. Aplikasi ini bisa juga digunakan untuk membaca phonebook dari memory handphone dan phonebook dari SIM Memory. Incoming call, Outgoing call dan Missed call juga bisa dibaca. Bookmarks, Notes, Calender , Files, Profile yang ada di handphone juga bisa dibaca. SMS yang terbaca bisa disimpan kedalam format *.html, *.csv, dan *.xml. Phonebook nya juga bisa disimpan atau di backup ke dalam format vCard files *.vcf, *.csv, *.xml, dan *.html. 

Adapun karakteristiknya sebagai berikut :
1.        Autonomy
Floats Mobile Agent (FMA) memiliki karakteristik Autonomy, karena FMA dapat meng-update secara langsung data dan record yang masuk ke handphone seperti sms, incoming call, dll selama PC_Suite ini terhubung ke handphone.

2.       Intelligence, Reasoning, dan Learning
FMA memiliki karakteristik Intelligence, Reasoning dan Learning, karena memiliki kemampuan untuk menjalankan perintah dari user seperti mengirim sms ataupun melakukan panggilan dari PC.

3.       Mobility dan Stationary
FMA memiliki karakteristik Mobility karena dapat mengakses perangkat mobile dengan dihubungkan PC.

4.       Delegation
FMA memiliki karakteristik Delegation, karena FMA dapat merespon dengan cepat setiap perintah yang diperintahkan oleh user seperti mengenai feed back informasi atau data pada handphone.

5.       Reactivity
FMA memiliki karakteristik Reactivity, karena bila ada pesan ataupun panggilan yang masuk ke handphone yang sedang terkoneksi, maka informasi dan data yang masuk ke handphone tersebut akan tampil juga di PC.

6.       Proactivity dan Goal-Oriented
FMA memiliki karakteristik Goal-Oriented, karena tujuan dari dibuatnya aplikasi ini adalah untuk me-remote dan mengkoneksikan handphone dengan PC. Dan FMA memiliki karakteristik Proactivity karena apabila handphone sudah tidak terhubung dengan FMA maka FMA memiliki kemampuan untuk menghapus semua data kecuali sebelumnya user melakukan back up data.

7.       Communication Capability
FMA memiliki karakteristik Communication capability, karena user dapat secara langsung me-remote handphone dari PC melalui interface FMA ini. 

| Free Bussines? |

0 Comment:

Poskan Komentar