Pages

Subscribe:

Minggu, Januari 27, 2013

PERBEDAAN TCP DAN UDP


·         Berbeda dengan TCP, UDP merupakan connectionless dan tidak ada keandalan, windowing, serta fungsi untuk memastikan data diterima dengan benar. Namun, UDP juga menyediakan fungsi yang sama dengan TCP, seperti transfer data dan multiplexing, tetapi ia melakukannya dengan byte tambahan yang lebih sedikit dalam header UDP.
·         UDP melakukan multiplexing UDP menggunakan cara yang sama seperti TCP. Satu-satunya perbedaan adalah transport protocol yang digunakan, yaitu UDP. Suatu aplikasi dapat membuka nomor port yang sama pada satu host, tetapi satu menggunakan TCP dan yang satu lagi menggunakan UDP—hal ini tidak biasa, tetapi diperbolehkan. Jika suatu layanan mendukung TCP dan UDP, ia menggunakan nilai yang sama untuk nomor port TCP dan UDP.

·         UDP mempunyai keuntungan dibandingkan TCP dengan tidak menggunakan field sequence dan acknowledgement. Keuntungan UDP yang paling jelas dari TCP adalah byte tambahan yang lebih sedikit. Di samping itu, UDP tidak perlu menunggu penerimaan atau menyimpan data dalam memory sampai data tersebut diterima. Ini berarti, aplikasi UDP tidak diperlambat oleh proses penerimaan dan memory dapat dibebaskan lebih cepat. Pada tabel, Anda dapat melihat fungsi yang dilakukan (atau tidak dilakukan) oleh UDP atau TCP.
Contoh Aplikasi yang Menggunakan UDP :
·         DNS (Domain Name System) 53
·         SNMP, (Simple Network Management Protocol) 161, 162
·         TFTP (Trivial File Transfer Protocol) 69
·         SunRPC port 111.

Contoh Protocol Aplikasi yang Menggunakan TCP :
·         HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
·         FTP (File Transfer Protocol)
·         SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)

| Free Bussines? |

0 Comment:

Posting Komentar