Pages

Subscribe:

Senin, November 15, 2010

AGAMA DAN PANCASILA

Agama menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah sistem atau kepercayaan atau prinsip kepercayaan kepada tuhan, atau juga disebut dengan nama dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut.
Berbicara mengenai agama adalah mengenai hubungan vertikal antara manusia dengan tuhannya. Ini mengenai penghambaan manusia terhadap Tuhan yang diyakininya. Dalam pengertian agama terdapat tiga unsur, yaitu manusia, pengahambaan, dan tuhan. Maka suatu paham atau ajaran yang mengandung ketiga unsur pengertian pokok tersebut dapat disebut agama.
Agama sebagai pedoman hidup. Orang-orang yang meyakini suatu agama dengan meyakini tuhannya hanya dapat mengikuti, meyakini, menjalankan, dan menjaga apa yang telah ada di dalam agama tersebut tanpa dapat merubah apa yang telah ada. Hal ini dikarenakan agama dan isinya bersumber dari tuhan dan bukan merupakan hasil diskusi antara manusia dengan tuhannya.
Pancasila merupakan sebuah ideologi atau pandangan hidup bagi bangsa Indonesia. Hal ini menjadikan pancasila sebagai pedoman dalam setiap segi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Pancasila sebagai ideologi nasional hanya mengatur hubungan horizontal antara manusia dengan manusia. Karena sila-silanya mencerminkan kesamaan harkat, derajat dan martabat setiap warga Negara Indonesia, dan hal itu dapat mempersatukan seluruh masyarakat Indonesia yang sangat majemuk. Panacasila hanya dijadikan sebagai ideologi, falsafah, pandangan hidup, dasar Negara, dan pemersatu Negara Indonesia. Masyarakat Indonesia tidak menghambakan diri terhadap pancasila. Karena pancasila berasal atau dibuat oleh para perumusnya dengan kata lain pancasila tidak dirumuskan oleh tuhan.
Pancasila otoritatif terhadap "dirinya sendiri" bukan “dari dirinya sendiri”, tetapi dirumuskan dan dikukuhkan oleh yang "diluar dirinya" (para perumus Pancasila), dan manusia dapat merubah apa yang telah tercantum di dalam Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia, tetapi hal itu hanya akan menimbulkan ketidakpastian baru, dan bukan tidak mungkin akan menimbulkan kesalahan yang dapat memecah-belah eksistensi negara kesatuan republik Indonesia.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pancasila tidak dapat disamakan dengan agama, atau pancasila tidak dapat dianggap sebagai agama bersama seluruh masyarakat Indonesia. Karena pancasila merupakan ideologi (ilmu) dan agama merupakan sebuah kepercayaan / keyakinan (isme). Meskipun keduanya memiliki kesamaan sebagai sebuah pandangan atau pedoman hidup, namun ada hal-hal mendasar yang membuat pancasila berbeda dengan agama.


| Free Bussines? |

0 Comment:

Posting Komentar